Kamis, 07 Juli 2016

Crocodile skink

Selamat datang para pembaca setia,Kali ini saya akan membahas tentang reptil unik nan exotis dari timur indonesia.Memiliki nama latin “Tribolonotus gracilis” atau orang indonesia sering menyebutnya kadal duri mata merah (red eyes crocodile skink). Dinamakan begitu bukan berarti kadal ini berkerabat dekat dengan buaya,melainkan bentuknya yang sepintas mirip dengan buaya. Meskipun memiliki tampang yang seram,ganas dan memiliki duri-duri dibagian punggungnya,Namun bila kita melihatnya malah terlihat imut dan lucu.



 Crocodile skink atau kadal duri mata merah memiliki ukuran yang mungil,rata-rata ukurannya sekitar 15-20cm untuk ukuran dewasa. Mereka adalah hewan pemalu yang aktif mencari makan pada malam hari ( nocturnal ). Makanan kesukaan mereka yaitu hewan-hewan kecil seperti belalang,jangkrik,ulat dan cacing.
Seperti jenis-jenis kadal pada umumnya,crocodile skink juga dapat memutuskan ekornya bila sedang terancam atau stress. Ekornya yang telah putus dapat tumbuh lagi namun tak seperti semula. Usia kadal ini dalam penangkaran dapat mencapai 10tahun termasuk jenis kadal yang memiliki usia yang panjang.

 Crocodile skink berkembang biak dengan bertelur ( ovipar ) dalam waktu satu bulan induk betina bisa menghasilkan 1butir telur dan telur akan menetas dalam jangka waktu 40 hari hingga 90 hari. Ketika menetas baby crocodile skink ini berukurang sangat kecil yaitu berukuran 7cm. Dalam satu kali periode bertelur induk betina hanya menghasilkan 1butir telur saja. Seperti hewan-hewan pada umumnya pejantan crocodile skink juga sangat menjaga daerah kekuasaannya ( teritorial ) dari pejantan lain.

 Crocodile skink adalah binatang yang unik dalam sistem pertahanan diri,pertahanan diri yang dimilikinya sering disebut “play dead” atau pura-pura mati dan menjadi kaku badannya ketika mereka merasa sedang terancam. Kadal ini juga bisa berlari kencang layaknya kadal lain dan dapat melompat jadi jika kita memeliharanya siap-siap buat lari-larian nangkapnya jika terlepas dari kandang.

 Jika teman-teman ingin memeliharanya sangat mudah kok,cukup siapkan saja aquarium atau bisa juga terrarium dengan ukuran yang sedang ( -+ 40cm ). Kemudian setting aquarium seperti habitat aslinya yaitu ada daratan,tempat bersembunyi seperti batang pohon dan jangan lupa kasih tempat crocodile skinknya juga tempat berendam,karena crocodile skink adalah hewan yang bertempat didaerah yang lembab. Disarankan agar teman-teman memeliharanya berpasangan atau lebih dengan 1 pejantan karena crocodile skink adalah hewan yang suka berkelompok.

Sedikit dari saya tentang Crocodile skink atau kadal duri mata merah semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang reptil,terima kasih.

19 komentar:

  1. Apakah crocodile skink perlu untuk dijemur dibawah sinar matahari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Crocodile skink tidak boleh di jemur mereka suka tempat yang lembab(sedikit basah)

      Hapus
  2. Kalo dia sering ngumpet dan ga aktif,itu knpa ya??
    Dan Pola makan dia berapa kali??
    CrocskCro saya ngumpet terus,ga pernah liat mereka aktif.dan kalo dikasih makan ga pernah dimakan.apa ada sesuatu sama mereka???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama juga bro tapi soal di makan mah punya saya selalu makan

      Hapus
    2. Crocodile skink emang pemalu bro, klo dia makan jangan diliarin nanti dia ga bakal mau makan, dia hewan nocturnal bro klo siang ga banyak gerak

      Hapus
  3. Untuk makanan nya apa ya temen saya pelihara tapi katanya gak mau makan mohon solusinya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih jangkrik sama ulat Hongkong aja bro, tapi jangkrik nya yang hidup, masukin aja kedalam terrarium nanti dia bakal cari sendiri

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Blog ini sangat bagus dan memberi informasi yg sangat lengkap dan bermanfaat sukses bro Haikal!!

    BalasHapus
  6. ada benjolan kuning di ekor , itu kenapa dan cara nanganinya gimana?

    BalasHapus
  7. Kalo misalkan melihara 1 ekor saja Kira-kira stres gk?

    BalasHapus
  8. Saya ada ni jual dan semua pada makan,yg dbandung bisa langsung ke toko aja,kalo kirim2 khusus pulau jawa aja ya
    085708573632

    BalasHapus
  9. Saya baru beli ,pengiriman nya 3hari ketwmpat saya dan masih hidup ketika saya tes hairdryer beberapa detik,trus dia gerak lincah ,ketika di naikan di ranting dia jatoh ,itu gmana yah

    BalasHapus
  10. Crocodile skink yg siap kawin itu umur brapa? Dan perawatan telur nya bagaimana?

    BalasHapus
  11. Kalau nelor telor nya perlu di inkubasi kaya gecko???

    BalasHapus
  12. Berapa kali makan crocodile skink?

    BalasHapus
  13. Kak apa crocodile skink bisa di bawa gath/ edukasi gak?

    BalasHapus