Sabtu, 09 Juli 2016

Python reticulatus

Selamat datang para pembaca,kali ini kita akan membahas tentang ular python reticulatus.Ular dari jenis pythonidae yang termasuk ular besar dan terpanjang didunia,panjang tubuhnya bisa mencapai lebih dari 8,5 meter melebihi panjang anaconda ular terbesar dan terpanjang di amerika selatan. Diindonesia ular ini memiliki beberapa nama sebutan dari ular sanca,ular sawahdan ular petola (Ambon). Namum bagi orang-orang diluar sana sering menyebut ular ini dengan sebutan retics,diambil dari nama ilmiahnya yang python reticulatus. Kini nama ular ini diubah dalam genusnya menjadi “Malayopython reticulatus”.

Ular dari keluarga pythonidae ini relatif mudah dibedakan dari ular-ular lain,kita bisa melihat sisik-sisik dorsalnya (punggung) yang lebih dari 45 deret dan sisik-sisik ventralnya (perut) yang lebih sempit dari sisi bawah. Diindonesia ada beberapa jenis python yaitu python curtus,python brongersmai,python breitensteini ( tiga spesies python yang bertubuh pendek dan gendut ) dan python molurus,M.reticulatus ( dua spesies python yang bertubuh panjang dan berotot ).
Ular python reticulatus adalah ular yang termasuk memiliki umur yang panjang,menurut data yang ada ular ini dapat mencapai umur 25 tahun lebih. Umumnya ular betina memiliki tubuh lebih besar dari jantan. Ular python jantan akan mulai kawin pada panjang tubuh sekitar 7-9 kaki,sedangkan pada betina akan mulai masa kawin pada panjang sekitar 11 kaki,yaitu pada umur 2-4 tahun. Musim kawin ular python dimulai dari bulan september hingga maret,menurutnya suhu udara adalah faktor pendorong merangsang musim kawin. Namun di tempat-tempat tertentu musim kawin python bisa berbeda seperti di Palembang dan Sumatera selatan berteler antara bulan september-oktober,lain lagi di sekitar Medan dan Sumatera utara yang bertelur antara bulan april-mei.

Python reticulatus menyebar di hutan-hutan Asia Tenggara,mulai dari Kep. Nikobar,Burma hingga ke indochina keselatan melewati semenanjung malaya hingga Sumatera,Kalimantan,Jawa,Nusa Tenggara,Sulawesi dan sampai filipina. Python reticulatus hidup dan berkembang di hutan tropis yang lembab,ular ini tergantung pada ketersediaan air maka dari itu kita sering menemukan ular ini berada dibadan air seperti sungai,kolam dan rawa.

Makanan utama ular Python adalah mamalia kecil seperti burung,tikus,biawak. Ular yang berukuran kecil memakan  kodok,kadal,ikan. Ular-ular yang berukuran besar bisa memakan anjing,monyet,babi hutan,rusa bahkan sampai manusia. Ular python lebih suka menunggu mangsanya dari pada mencari mangsanya karena ukurannya badannya yang besar dapat menghabiskan banyak energi. Cara memangsa ular ini juga unik dengan melilitkan tubuhnya kuat-kuat kemangsa hingga mati kehabisan nafas dan mungkin tulangnya sampai patah. Sekali makan mangsa besar ular python akan berpuasa beberapa hari atau minggu hingga bulan sampai python lapar kembali.

Ular Python reticulatus banyak dijadikan hewan peliharaan,terutama ular yang masih berukuran kecil kerena relatif jinak dan memiliki corak kulit yang bagus. Oleh karena itu ular python ini sering diburu dialam liar untuk diambil kulitnya sekitar 500.000 potong kulit python dipasarkan setiap tahunnya. Sebagian besar kulit-kulit ini di ekspor dari indonesia dengan sumber utama Sumatera dan Kalimantan,semuanya didapat dari tangkapan liar langsung dari hutan. Jelas perburuan python ini sangat menghawatirkan karena berdampak buruk pada populasi python dan alam. Rata-rata ular python yang ditangkap adalah usia-usia produktif yang seharusnya mereka mulai berkembang biak. Hingga saat ini ulat python reticulatus belum dilindungi dalam undang-undang,hanya memasukkannya kedalam apendix II. Sangat disayangkan apabila satwa ini menjadi satwa yang langka. Meskipun sudah ada beberapa upaya dari para pecinta reptil yang mulai mengembang biakkannya,namun masih banyaknya perburuan liar secara besar-besaran ini yang mengakibatkan populasi dari ular python reticulatus belum menemukan titik terang. Hanya sedikit yang bisa saya bahas tentang python reticulatus,next time saya akan membahas tentang reptil-reptil lain yang tentunya wajib teman-teman baca.Akhir kata Terima Kasih Banyak.  


1 komentar:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kamu https://bit.ly/2Su7gVx

    BalasHapus